Bagaimana Mengecek Arah Link Short URL

By
Short URL sesuai dengan namanya merupakan URL yang biasanya digunakan untuk memperpendek URL yang panjang, misalnya link download yang ada nama domain/folder/encrypt file/namafile atau link blog seperti yang terdiri dari nama blog nama domain/tahun/url . Tentu terlalu panjang jika ingin dibagikan, maka akan digunakan layanan short URL seperti bit.ly goo.gl, t.co dari twitter dan masih banyak yang lain untuk mempersingkat alamat URL tersebut. 
cara mengecek dan membuat long url menjadi short url
Untuk menggunakanya mungkin sudah banyak yang tahu dan mudah tinggal masukkan alamat URL dan shorten. Dan karena URL tersebut pendek biasanya kita tidak mengetahui kemana arah tujuan URL tersebut, apakah akan di arahakan ke situs yang aneh-aneh atau akan mendownload virus atau yang lain. 

Contoh Short URL 

Seperti contoh short url berikut http://goo.gl/mSnHYx jika tidak ada penjelasan kemana URL tersebut akan diarahkan, atau untuk apa kita meng klik URL tersebut, dan apakah penjelasan arah URL tersebut benar, tanpa deskripsi yang jelas bisa jadi berbahaya. Karena berdasar pengalaman pribadi sendiri yang pernah salah mengklik short URL karena informasi yang diberikan ternyata tidak benar.

Cara mengecek short URL 

Untuk mengecek kebenaran atau arah tujuan short URL tersebut kita dapat menggunakan kebalikan short URL yaitu Long URL, contohnya adalah longurl.org Cara menggunakanya juga mudah kita tinggal masuk ke situs tersebut lalu masukkan short URL di kolom yang ada lalu klik expand. Dan akan tampil URL yang sebenarnya. Seperti screenshot berikut dari short URL yang saya berikan di atas
membuat short url menjadi long url

Long URL dari short URL di atas adalah link blog ini sendiri seperti di lihat di atas. Dengan begitu kita dapat memastikan arah short url itu akan kemana karena dapat langsung dilihat meta description dan title nya. Namun Long URL ini tidak dapat melihat URL lengkap dari adf.ly.

Selamat mencoba untuk membuat short url menjadi long url dan jangan lupa bookmark halaman ini, di sebelah kanan ada beberapa posting terkahir dan di atas ada menu-menu lain yang menarik untuk dibaca. Oh y sebelum meninggalkan halaman ini, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya jika berkenan mengklik tombol share.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru