Apa itu Imacros?

By
Jika kita pernah mendengar imacros, atau pernah melihat orang menggunakannya, pasti ada rasa tertarik untuk mengetahui bagaimana mereka melakukanya. Karena imacros sangat membantu dalam mempercepat aktifitas kita di internet. Tidak hanya di internet, bahkan ketika dalam keadaan offline imacros masih bisa mengerjakan tugasnya di layar browser.

Pengertian apa itu iMacros

Imacros adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengerjakan kegiatan perulangan pada website yang sedang aktif di browser, baik dalam status online maupun offline. Selain itu juga imacros dapat mengekstrak data, yaitu mengambil data dari browser berupa text dan url gambar dan menyimpanya di komputer lokal dalam format .txt atau .csv. 

Cara kerjanya adalah menerjemahkan semua kegiatan kita di browser seperti mengklik mouse dan mengetik, ke dalam suatu kode yang biasa disebut imacros script.
apa itu imacros
Contoh kegiatan perulangan yang sering dilakukan antara lain misal untuk mengisi form pendaftaran email atau akun tertentu, login ke situs, mengambil data pada suatu website, dan lain-lain. Dengan imacros semua kegiatan itu tidak perlu berulang-ulang dilakukan, cukup rekam satu kali, simpan, lalu jalankan hasil rekaman tersebut ketika akan login atau mengisi form dan sebagainya.

Install dan Download iMacros

Imacros terdiri dari add ons untuk browser, dan ada juga berupa browser tersendiri yaitu browser IMacros. Jika ingin menggunakan imacros untuk mengekstrak data atau gambar sebaiknya install saja browser imacros, karena terdapat fasilitas extract data.

Jika ingin menginstall iMacros berupa add ons dapat melalui link ini untuk browser Firefox. Dan berikut link untuk browser Chrome.

Sedangkan jika ingin menginstall imacros browser dapat melalui website imacros. Browser imacros yang di download dari website resminya merupakkan trial version. Untuk menggunakan full fitur dari imacros browser kita dapat menggunakan versi enterprise dengan cara membeli. 

Hanya dengan Add on imacros sebenarnya sudah cukup untuk melakukan fungsi-fungsi imacros, hanya saja ketika extract data harus menambahkan kode secara manual karena tidak terdapat tombol extract.

Cara menggunakan iMacros

Menggunakan iMacros sangat mudah, tidak diperlukan bahasa pemrograman sama sekali. Ketika selesai menginstall imacros add ons ataupun browser, klik saja tab Rec lalu klik tombol Record dan secara otomatis imacros akan merekam aktivitas kita di browser. Aktivitas yang direkam disini adalah klik mouse, dan mengetikkan data. Dan jika sudah selesai jangan lupa untuk klik tombol Stop yang juga ada di tab Rec.
record imacros

Jadi setelah tombol record diklik, apapun yang kita klik di browser akan terekam dalam bentuk kode script imacros. Untuk mempelajari kode-kode yang ada di imacros dapat dilihat di wiki.imacros.net

Contoh untuk pengunaan imacros untuk extract data dapat di baca di postingan selanjutnya, yaitu cara mengambil username follower twitter dari suatu akun. Jika postingan di atas bermanfaat silahkan klik tombol share, dan jangan lupa subscribe dan follow untuk terus mendapatkan update.

4 comments:

  1. Luar biasa. Terimakasih ekstensionnya sob.

    ReplyDelete
  2. Imacros ini bisa dibuat bot ke hootsuite gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. slm utk melakukan semua pekerjaan berulang di browser bs gan..

      Delete
  3. bagi info dong gan ppc terupdate yg bener membayar, thx.. semoga agan diberi kelancaran rejeki, amin...

    ReplyDelete

Terbaru