Cara Cek dan Test Kecepatan Website

By
cek kecepatan website
Mengetahui cek dan test kecepatan website atau blog guna meningkatkan atau mempercepat loading website sangat penting. Karena kecepatan website mempengaruhi keputusan visitor apakah meneruskan membuka halaman atau meninggalkan halaman. Selain itu google juga menempatkan kecepatan website di algoritma pencarian, karena website yang loading nya lambat dianggap mengurangi pengalaman pengguna.

Terdapat beberapa website yang memberikan layanan untuk mengecek kecepatan website atau blog secara online. Dan berikut beberapa daftar website terbaik yang dapat memberikan analisa kecepatan website serta penjelasan bagaimana untuk mempercepat loading website atau blog tersebut.


Pagespeed insight merupakan produk bawaan dari google developers. Pagespeed insight dapat memberikan analisa yang sederhana namun sangat penting untuk mempercepat loading website. Informasi yang ditampilkan merupakan kendala-kendala utama dari lambatnya loading sebuah blog. Dengan memperbaiki kesalahan berdasar analisa pagespeed insight, loading website atau blog dapat meningkat secara drastis, khususnya bagi yang menggunakan custom template.

Page speed insight juga memberikan analisa bagaimana website jika diakses dari PC atau dari perangkat mobile.


Pingdom mampu memberikan analisa yang lebih detail untuk memperbaiki kecepatan website. Tidak hanya kecepatan loading, namun juga ukuran halaman website dan jumlah request yang dilakukan ketika website loading.

Terdapat tab performance grade untuk melihat bagian-bagian yang harus diperbaiki beserta skor yang diberikan. Tab page analysis untuk melihat informasi kecepatan dan ukuran website berdasarkan beberapa kategori. Dan juga ada tab history, dimana kita dapat memantau histori hasil analisa kecepatan website.


Tidak terlalu jauh berbeda dengan pingdom gtmerix juga memberikan analisa yang serupa untuk bagian-bagian yang harus diperbaiki. Hanya saja terpadat dua skor penilaian yaitu page speed grade dan Yslow grade. Dimana rekomendasi diberikan berdasar dua penilaian tersebut.

Itu saja beberapa website yang sudah cukup untuk membuat loading website kita menjadi lebih cepat dengan mengikuti rekomendasi yang diberikan. Tidak semua rekomendasi mungkin bisa dilakukan karena website dibuat dari berbagai platform dimana diantaranya memiliki format yang berbeda untuk mengakses file dan server.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk sharing artikel ini dan follow kami untuk terus mendapatkan update terbaru.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru