Cara Verifikasi dan Pasang Widget Alexa di Wordpress dan Blogspot 2015

By
verifikasi dan widget alexa
Untuk cara verifikasi alexa rank untuk wordpress dan blogger ada sedikit perbedaan, sedangkan untuk cara pasang widget alexa sama saja. Sebagai catatan cara verifikasi alexa untuk wordpress di sini adalah untuk wordpress.org sedangkan untuk verifikasi alexa di wordpress.com bisa di baca disini

Sebelum melakukan verifikasi alexa maka website harus di daftarkan terlebih dahulu. Cara mendaftarkan blog atau website di alexa juga dapat di baca melalui link di atas.

Jika blog atau website sudah didaftarkan di alexa maka selanjutnya adalah proses verifikasi. 

Verifikasi Alexa

Untuk menuju ke halaman verifikasi dapat melalui tautan dari email yang dikirim oleh alexa. Setelah tautan tersebut di klik dan menuju ke halaman verifikasi maka langkah selanjutnya adalah :

1. Untuk Blogger 
Untuk pengguna blogger dapat menggunakan method 2 yaitu "add on alexa Verification Id to your homepage"   
Lalu copy meta tag verification id dan paste di bawah <head> pada template. Lalu kembali lagi ke halaman Alexa dan klik verify my id.

verifikasi alexa

2. Untuk Wordpress
Untuk pengguna wordpress dapat memilih salah satu method tersebut. Untuk method pertama dapat mendownload file verifikasi dan meng uploadnya di hosting di folder public_html. Setelah di upload, kembali lagi ke halaman Alexa dan klik verify my id.

Untuk method kedua jika sebelumnya sudah pernah menginstall plugin YOAST Wordpress SEO, dapat copy verification id dan paste melalui menu SEO >> Dashboard >> Webmaster Tools >> Alexa Verification id lalu klik save. Kembali lagi ke halaman Alexa dan klik verify my id.

Setelah proses verifikasi selesai jika ingin mengedit informasi mengenai website, dapat masuk ke my dashboard alexa.

Widget alexa

Selanjutnya adalah memasang widget alexa. Untuk memasang widget alexa baik di blogger dan wordpress.org sama saja. Masuk ke halaman support alexa lalu pilih dan copy salah satu kode untuk di pasang sebagai widget, ganti tulisan yoursite.com dengan nama website atau blog masing-masing. 

Untuk blogger dengan menambahkan add gadget dari layout / tataletak lalu pilih HTML / Javascript dan paste ditempat yang tersedia lalu klik save.
Untuk Wordpress dengan masuk ke appearance >> widgets lalu pilih Text dan paste ditempat yang tersedia lalu klik save


Dan untuk cara memasang widget alexa di wordpress.com bisa dibaca disini

2 comments:

Terbaru