Mempercepat Loading Wordpress dengan W3 total Cache

By
plugin w3 total cache
Sebagaimana kita tahu bahwa kecepatan loading sebuah website sangat penting. Salah satu cara untuk mempercepat loading website khususnya wordpress dapat menggunakan plugin W3 Total Cache. Dan berikut akan dijelaskan bagaimana menginstall dan pengaturan W3 Total Cache. Sebelum mengintall plugin ini silahkan terlebih dahulu cek kecepatan website anda.

Install Plugin

Pertama silahkan install terlebih dahulu plugin W3 Total Cache
Untuk menginstall dapat melalui dashboard wordpress dan dari menu plugin cari  W3 Total Cache. Atau jika sebelumnya sudah pernah mendownload W3 Total Cache dapat mengupload plugin ke server hosting di folder wp-content >> plugin.

Pengaturan

Setelah diinstall dan diaktifkan, pada dashboard wordpress akan ada menu baru yaitu performance. Arahkan ke menu tersebut dan pilih general setting.
pengaturan w3 total cache
Di general setting yang diatur hanya bagian page cache yang dicentang enable, dan page cache method Disk : Enhanced lalu save all setting. Pengaturan page cache method Disk : Enhanced ini sangat direkomendasikan jika menggunakan shared hosting atau paket hosting gratis.
pengaturan w3 total cache plugin general setting
Untuk bagian lainya di general setting dibiarkan saja default, tidak perlu ada perubahan yang  dilakukan.

Setelah bagian general setting selanjutnya langsung ke performance >> browser cache dan lewatkan saja menu page cache, minify, database cache, dan object cache.
pengaturan w3 total cache plugin browser cache
Pada bagian browser cache centang bagian yang diperlukan seperti gambar di bawah berikut
pengaturan w3 total cache plugin browser cache

Dengan pengaturan seperti di atas sudah cukup untuk membuat loading wordpress kita lebih cepat. Jika ingin lebih pasti silahkan kembali cek kecepatan website.

Untuk pengaturan W3 total cache yang lain bisa saja dicoba-coba sendiri dan lihat mana hasil yang terbaik untuk kinerja website, karena pada dasarnya kecepatan wordpress juga sangat tergantung pada hosting masing-masing. 
Seperti untuk pengaturan  minify pernah kami coba buat enabled, tapi ternyata perlu tiga kali loading untuk menampilkan semua gambar dan konten.

Demikian sedikit sharing mengenai cara mempercepat loading wordpress, semoga bermanfaat. Jangan lupa klik sharing dan follow kami melalui facebook, twitter dan google plus untuk terus mendapatkan update.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru