4 plugin Wajib wordpress

By
Ketika baru membuat blog atau website menggunakan wordpress, maka langkah selanjutnya adalah menginstall plugin-plugin standar wordpress yang berguna untuk meningkatkan performa seperti kecepatan loading website atau pun untuk SERP dan untuk kemudahan admin dalam mengelola website. Ada ribuan plugin yang tersedia untuk wordpress, namun berikut plugin-plugin standar yang umumnya dipakai di setiap blog atau website yang menggunakan wordpress.

Jetpack 

jetpack plugin wordpress
Jika di wordpress.com jetpack sudah terinstall, maka untuk self hosted wordpress jetpack harus di install dahulu. Dengan plugin jetpack, kita bisa menggunakan fitur seperti yang ada di wordpress.com, seperti statistik, komentar, icon website, dan lain-lain. Namun untuk menggunakan jetpack, terlebih dahulu kita juga harus mempunyai akun di wordpress.com, yang berguna untuk mendapatkan aktifasi key.

Contact Form

contact form plugin wordpress
Sebenarnya di plugin jetpack sudah tersedia contact form, namun jika ingin contact form yang lebih kustom, kita bisa menggunakan plugin-plugin kontak form tersedia untuk wordpress. Kontak form yang populer di wordpress dan mudah digunakan, mudah juga untuk di kustom antara lain contact form 7, fast secure contact form, dan ninja contact form.

W3 Total Cache 

w3 total cache plugin wordpress
W3 Total Cache berguna untuk mempercepat loading website atau blog di wordpress, di mana salah satu cara kerjanya adalah memanfaatkan cache pada browser untuk mempercepat loading website yang sudah pernah dikunjungi sebelumnya.

Wordpress SEO by Yoast 

wordpress seo by yoast plugin wordpress
Wordpress SEO by Yoast memudahkan kita dalam mengatur SEO setting pada website, termasuk untuk membuat sitemap ke google webmaster, verifikasi alexa, dan verfikasi google webmaster. Selain itu, di setiap posingan akan ada bantuan analisa meta keywords, meta description dan analisa seberapa kuat SEO pada halaman postingan tersebut.

Selain Wordpress SEO by Yoast masih ada plugin SEO lainya yang juga populer yaitu All in One SEO Pack, dimana kedua plugin tersebut sama-sama telah diinstall lebih dari 1 juta kali. Hanya saja salah satu keunggulan Wordpress SEO by Yoast bisa membuat sitemap dengan mudah untuk submit ke google webmaster.

Demikian plugin-plugin wordpress yang sebaiknya diinstall setelah membuat website menggunakan cms wordpress, silahkan tambahkan plugin lainya yang bisa bermanfaat bagi pengguna self hosted wordpress melaui kolom komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru