Cara Crop Video Menggunakan Avidemux

By
Jika ingin menghilangkan sebagian gambar yang tampil di video, caranya kita bisa melakukan crop. Salah satu aplikasi video editor yang bisa berfungsi untuk crop video yaitu avidemux.

Bagi yang belum mengetahui apa itu avidemux, link download aplikasi, cara menginstall, dan cara memotong video dengan avidemux dapat membaca di sini.


Baca juga aplikasi video editor lainya Camtasia studio

Untuk crop video dengan avidemux caranya adalah

Langkah 1

Setelah video editor avidemux dibuka, buka video yang akan dicrop (file>>open), setelah terbuka dan tampil dilayar, klik menu video lalu pilih  Filters atau tekan Ctrl +Alt + F

Langkah 2

Selanjutnya akan terbuka window baru yaitu Video Filter Manager. Pada menu transform perhatikan kolom di sebelahnya yaitu Available Filters ada pilihan Crop, lalu klik dua kali Crop tersebut.

cara crop video dengan avidemux
  
Langkah 3

Setelah tampil window Crop, ada pilihan untuk mengisikan angka di left, right, top dan bottom. Isikan angka atau klik tanda panah kecil di sampingnya, dan akan terlihat ada warna hijau tampil di layar yang merupakan preview dari bagian yang akan dicrop. Jika bagian yang akan dicrop dirasa sudah cukup, selanjutnya klik OK.

cara crop video dengan avidemux

Langkah 4

Setalah di klik OK, akan kembali lagi ke layar Video Filter Manager.  Pada kolom Active Filters akan tampil crop yang sudah kita buat tadi. Jika ingin melihat preview hasil crop tadi, klik tombol preview dibagian bawah.

cara crop video dengan avidemux

Berikut contoh hasil crop yang sudah dilakukan di langkah 3 tadi.

cara crop video dengan avidemux

Langkah 5

Klik Ok untuk menutup preview, lalu close untuk kembali ke layar utama. Selanjutnya kita dapat menyimpan kembali video tersebut degan cara klik File lalu Save. Jangan lupa untuk mengatur video output ke Mpeg4 AVC (x264) dan output format MP4 Muxer jika ingin save video dalam format MP4.
cara crop video dengan avidemux

Selain tutorial di atas untuk lebih jelas silahkan lihat video tutorial di bawah berikut. (video akan di upload pukul 12 malam nanti)

Demikian cara crop video menggunakan aplikasi video editor avidemux. Jangan lupa untuk klik share dan follow kami agar mendapatkan update tutorial mengenai editing video lainya.

3 comments:

Terbaru