Cara Impor dan Ekspor Video Di Camtasia Studio

By
Jika merekam aktifitas monitor menggunakan camtasia recorder, maka hasil dari video hasil rekaman tersebut berformat .camrec, untuk mengekspor video rekaman agar dapat diputar di media lain seperti media player clasic  atau akan di upload ke youtube, maka video sebaiknya di ekspor ke format MP4.


Tidak hanya video hasil rekaman camtasia recorder yang berformat .camrec, tapi juga video lainya yang berformat .mp4, .avi dan lain-lain juga harus di ekspor ketika akan menyimpan video menggunakan camtasia studio.

Artikel kali ini hanya membahas mengenai bagaimana membuka dan mengekspor file video, sedangkan cara editing video dengan camtasia seperti memotong video, menambah gambar, menambah text dan lain-lain akan dijelaskan pada artikel selanjutnya.

Langkah untuk membuka atau impor video dan menyimpan atau ekspor video dengan camtasia studio adalah seperti berikut :

Langkah 1

Buka aplikasi camtasia studio yang sudah diinstal, lalu klik Import media. Cari file yang akan di edit atau di ekspor lalu open. File yang dapat dibuka adalah yang bertipe media seperti gambar, musik, atau video.

import media dengan camtasia studio
  

Langkah 2

Klik kanan file yang sudah dibuka, lallu pilih Add to Timeline at Playhead.

add video to timeline. playhead camtasia studio

Langkah 3

Akan tampil window baru yaitu kita harus memilih dimensi atau ukuran video tersebut. Kita dapat memilih ukuran video yang diinginkan atau langsung saja OK karena Camtasia secara default sudah otomatis menentukan ukuran video sesuai dengan ukuran sebenarnya.

Langkah 4

Setelah langkah ketiga di atas, kita dapat melakukan editing video, seperti memotong, menambah text dan lain-lain.  Jika video sudah selesai di edit, selanjutnya ekspor video dengan cara klik tombol Produce and share.

produced and share camtasia studio

Langkah 5

Selanjutnya akan tampil window baru yaitu production wizard, pilih custom production setting, agar bisa melakukan beberapa pengaturan nantinya.

ekspor media camtasia studio
Lalu klik Next dan Pilih MP4 dan klik Next kembali.

Langkah 6

Pada layar selanjutnya, buka tab Video setting dan atur persentase quality, antara 0 – 100%.  Semakin tinggi kualitas maka akan semakin besar pula file yang akan dihasilkan. Lalu pada tab Option, jika pada video kita menambahkan text, maka agar text tersebut menyatu dengan video ketika di ekspor, pada caption type pilih Burned to video. Lalu selanjutnya pilih Next.

menggabungkan text ke dalam video camtasia studio

Langkah 7

Langkah selanjutnya pada video option, pilih tombol option untuk mengisi data-data mengenai video antara lain judul dan deskripsi video, dan juga author video. Jika sudah selesai, klik OK lalu next.

menulis data author camtasia studio


menulis data-data mengenai author camtasia studio

Langkah 8


Terakhir pada Output file isikan nama file untuk output dari video tersebut. Nama file juga akan menjadi nama folder untuk file video tersebut.

Dan klik Finish untuk memulai ekspor file. Tunggu proses ekspor hingga selesai dan lihat hasilnya pada folder Camtasia Studio, biasanya terletak di \Documents\Camtasia Studio\Namafileyangkitaisikantadi.

Demikian cara impor dan ekspor video menggunakan camtasia studio, untuk proses editing akan dibahas pada artikel-artikel selanjutnya, atau cek halaman pilihan editorial untuk meilhat update dari artikel membuat dan menggunakan video editor camtasia.

Jangan lupa untuk sharing dan follow kami untuk terus mendapatkan update terbaru.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru