Cara Memotong dan Menggabungkan Video dengan Camtasia

By
Cara memotong dan menggabungkan (join) video menggunakan camtasia studio kali ini masih merupakan lanjutan dari tuotrial sebelumnya yaitu menambahkan gambar ke dalam video dan impor dan ekspor video.

Memotong video biasanya karena ada bagian yang ingin kita buang karena salah baik dari hasil merekam aktifitas monitor maupun hasil rekaman video lainya lalu di gabungkan kembali menjadi video baru.

Sebelum lanjut ke cara memotong dan menggabungkan video, silahkan lihat tutorial sebelumnya yang berkaitan agar lebih mudah dipahami :

Cara impor dan ekspor video
Cara menambahkan gambar ke video

Untuk memotong video menggunakan camasia studio, pertama import video yang akan di potong dengan cara klik import media, lalu klik kanan dan tambahkan ke timeline. Selanjutnya setelah video di timeline, cari bagian yang akan dipotong, dengan cara klik tanda  tanda panah untuk menggeser video dan geser sampai ke bagian detik pertama yang akan dipotong.

Selanjutnya geser tanda merah sampai ke bagian akhir dari video yang akan dipotong, sehingga akan terdapat bagian berwarna biru yang merupakan area yang dapat dipotong.

proses memotong video dari timeline menggunakan camtasia

Lalu klik tanda cut di atas timeline untuk memotong video. Setelah dipotong video akan terbagi menjadi dua bagian, ulangi proses di atas sampai semua bagian yang akan dipotong selesai.

Selanjutnya untuk menggabungkan video, tambahkan video lainya yang akan digabungkan dengan cara import media kembali lalu tambahkan ke timeline. Video yang baru ditambahkan akan berada di atas track video pertama, geser video yang baru tersebut dari timeline sampai ke bagian akhir dari video pertama sehingga tidak terjadi overlap. Jika posisi video saling tumpang tindih maka video yang paling atas yang akan terekspor menjadi video baru.

menggabungkan join video dari timeline menggunakan camtasia
 
Setelah posisi video yang akan digabungkan sudah pas posisinya, tinggal ekspor kembali seperti biasa sehingga menjadi video baru.

Sekali bahwa pengaturan posisi waktu di timeline sama saja ketika akan menambahkan baik itu gambar, text, shape, atau animasi.

Demikian cara memotong dan menggabungkan video menggunakan camtasia studio, lihat pada halaman pilhan editor untuk update mengenai video editing lainya, dan jangan lupa follow kami untuk mendapatkan terbaru.

2 comments:

Terbaru