Cara menambahkan gambar dalam video dengan camtasia studio

By
Gambar di dalam video biasanya untuk sebagai watermark atau untuk keperluan yang lain. Pertama silahkan baca cara impor dan ekpor media menggunakan camtasia sebelum menambahkan gambar ke dalam video, karena sebelum menambahkan gambar, video akan diimpor terlebih dahulu ke dalam camtasia studio, dan nantinya setelah selesai proses editing gambar dan video akan di ekspor menjadi satu video.


Cara menambahkan gambar ke dalam video menggunakan camtasia studio caranya adalah sebagai berikut :

Langkah 1

Setelah video diimpor ke camtasia studio dan ditambahkan ke dalam timeline, selanjutnya klik kembali import media dan cari gambar yang akan ditambahkan ke dalam video.

Langkah 2

Klik kanan gambar lalu pilih Add to Timeline at Playhead. Selanjutnya gambar akan berada di track di atas video dan juga pada layar preview sebelah kanan.

menambahkan gambar ke dalam video
gambar telah berada di dalam track video untuk di edit

Langkah 3

Langkah selanjutnya atur posisi gambar dimana akan diletakkan pada video. Caranya klik gambar pada layar preview sebelah kanan, lalu geser sesuai posisi yang diinginkan.

geser gambar sesuai posisi pada video

Langkah 4

Jika gambar terasa terlalu besar atau terlalu kecil, dapat diubah ukuranya dengan cara, klik gambar pada layar preview sebelah kanan, lalu tarik tanda bulatan-bulatan di sekitar gambar, sampai kita mendapatkan ukuran gambar yang diinginkan.

tarik gambar sesuai ukuran yang diinginkan di video

Langkah 5

Selanjutnya atur kapan gambar akan ditampilkan dan berapa lama. Untuk mengatur berapa lama tampilnya gambar, caranya lihat gambar pada track di atas video, arahkan kursor mouse ke dekat gambar di track sampai membentuk tanda panah, lalu tarik gambar tersebut sampai ke menit yang kita inginkan.

mengatur lamanya gambar akan tampil di video

Sedangkan untuk mengatur waktu mulai gambar di tampilkan, caranya arahkan kursor mouse ke gambar yang ada di track, lalu klik dan tahan gambar tersebut sambil di geser ke waktu yang diinginkan. 


Selanjutnya tinggal mengekspor kembali video ke format yang diinginkan. Harap diperhatikan langkah 4 dan 5 di atas juga sama prosesnya ketika akan menambahkan callouts, caption, atau apapun yang tampil di layar. Dan untuk menambahkan musik, animasi dan semua proses untuk mengatur waktu, sama caranya dengan langkah 5 di atas.

Untuk proses editing lainya, seperti menambahkan musik, efek, dan lain-lain, akah di bahas pada artikel selanjutnya, dan lihat pada halaman pilihan editor untuk melihat update mengenai tutorial membuat video menggunakan camtasia.

Demikian cara menambahkan gambar ke dalam video menggunakan video editor camtasia studio, jangan lupa klik share untuk berbagi dengan yang lain, dan follow kami untuk update tutorial lainya.

5 comments:

  1. apakah aplikasinya gak ribet? karena biasakan ada software adit video yg ribet banget.
    klo ada wkt main ke TamanSehatku yah :)

    ReplyDelete
  2. Kelebihannya apa saja pada aplikasi ini ??? Selain ug diatas .

    ReplyDelete
  3. Gan kenapa hasil buatan saya ada tulisan semacam nama pembuat camtasia . cara ngilanginya gomana y

    ReplyDelete

Terbaru