Cara Mendownload Video Youtube Dengan IDM

By
Cara mendownload youtube dengan idm atau internet download manager tentu kita harus mempunyai aplikasinya terlebih dahulu yang dapat di download di internetdownloadmanger.com. Setelah didownload install idm dan lakukan aktifasi idm tersebut agar dapat digunakan. Disini tidak akan dibahas bagaimana proses aktivasinya, namun untuk aktivasi idm tidak terlalu rumit dan dapat ditemui di berbagai forum atau dapat dicari melalui google. 

Setting pada IDM 

Setelah aktivasi selesai selanjutnya lakukan setting pada idm. Pada menu Download, pilih option

Cara Mendownload Youtube Dengan IDM
Pada tab general pastikan browser yang akan kita gunakan untuk mendownload video ada di daftar Capture downloads from the following browsers. Jika belum ada maka pilih Add browser. Jika muncul pesan Please locate the browser executable file on the next dialog, pilih OK. Lalu kemudian cari lokasi file .exe tempat kita menginstall browser. Jika sudah ditemukan, pilih file tersebut dan klik Open. Kemudian pastikan browser yang sudah kita pilih tadi tercentang.

setting browser IDM
Langkah selanjutnya masuk ke tab File types. Secara default idm telah memberikan ekstensi tipe file yang biasanya di download. Jenis video yang akan di download dari youtube, biasanya berformat MP4, maka pastikan pada tab File types tersebut terdapat format MP4, jika belum ada maka format MP4 dapat diketikkan secara manual. Format lain yang biasanya dapat di download dari youtube menggunakan idm yaitu 3gp, namun ini tergantung dari format video yang diupload oleh pemilik video, untuk sekarang mungkin sudah susah ditemukan video youtube yang berformat 3gp, khususnya jika video berkualitas tinggi.

setting file format extensions IDM

Selain itu pastikan juga bahwa website youtube.com tidak termasuk dalam daftar Don’t start downloading automatically from the following sites, karena idm tidak otomatis mendownload jika nama website tercantum di dalamnya. Begitu juga pada bagian Don’t start downloading automatically from the following address pastikan juga tidak ada nama youtube.com.

Selanjutnya masuk ke tab Save to. Tab Save to untuk menentukan dimana kita akan menyimpan file hasil download. Karena yang akan didownload di sini adalah video dari youtube maka pada Category pilih video, dan pastikan kembali format MP4 dan 3gp ada di kolom Automatically put in “video” category the following file types. Jika belum ada, maka tambahkan secara manual pada kolom tersebut. Ini bertujuan untuk menentukan tipe file dengan format apa saja yang masuk ke dalam kategori video.
setting default download category IDM

Selanjutnya pilih folder untuk Default download directory for “Video” category. Secara default lokasi folder untuk file berformat video ada di C:\Users\namauser\Downloads\Video namun jika ingin mengganti folder tempat menyimpan hasil download video youtube maka klik Browse, dan pilih di folder mana video hasil download akan disimpan. Ini bertujuan agar file dengan format video yang berada di kategori video seperti yang sudah di setting seperti langkah di atas, langsung berada dalam folder video ketika selesai didownload.

Jika sudah selesai semua setting idm yang dilakukan pada langkah di atas, klik OK.

Setting pada browser 

Selesai pengaturan di internet download manager, selanjutnya adalah melakukan pengaturan di browser.

Untuk Browser Firefox

Bagi pengguna firefox, sebelum dapat mengintegrasikan idm agar dapat meng-capture link download secara otomatis di firefox, maka diperlukan extension internet download manager integration module IDM CC, yang seharusnya otomatis terinstall ketika selesai menginstall IDM. Untuk mengecek apakah IDM CC sudah terinstall atau belum pada firefox, pilih menu Tools lalu add ons atau Ctrl + Shift + A,
IDM CC Firefox
Jika IDM CC belum ada maka dapat masuk ke halaman support internet download manager untuk firefox lalu klik tombol install yang ada di bagian bawah sekali. Atau dapat membaca terlebih dahulu di halaman tersebut bagaimana proses installasinya.

Untuk Browser Chrome 

Sedikit berbeda dengan browser firefox, pada browser chrome untuk menginstall IDM CC, pertama melalui menu chrome pilih setting, lalu pilih menu extensions. Selanjutnya buka folder installasi idm (biasanya di C:\Program Files\Internet Download Manager) dan cari file IDMGCExt.crx lalu tarik dan tahan file tersebut ke halaman menu extensions (seperti gambar di bawah).

install IDM CC Chrome

Selanjutnya akan ada pemberitahuan bahwa extension IDM CC telah terinstall di chrome. Jika proses di atas sudah selesai semua, sekarang saatnya mendownload video youtube dengan idm.

Setelah masuk ke situs youtube.com, cari video yang akan didownload lalu buka video tersebut seperti menonton video seperti biasa. Tunggu beberapa saat sampai tampil tombol Download this video dibagian kanan atas video youtube. Pilih kualitas video yang ingin didownload melalui menu setting yang bergambar roda gigi di video youtube, lalu klik tombol Download this video dan pilih kualitas video yang diinginkan.
download Video Youtube Dengan IDM

Jika tampil konfirmasi untuk mendownload klik OK, dan proses download pun segera berjalan. Demikian cara download youtube dengan idm, semoga membantu. Jangan lupa klik tombol share dan follow kami untuk update artikel, berita dan tutorial lainya.

2 comments:

  1. Terima kasih atas informasinnya.

    ReplyDelete
  2. untuk yang browser chrome kalau file IDMGCExt.crx nya tidak ada bagaimana?

    ReplyDelete

Terbaru