Cara Menggabungkan External Javascript

By
menggabungkan javascript

Untuk orang yang awam dengan coding seperti saya, cara menggabungkan external javascript mungkin sedikit bingung bagaimana caranya. Cara yang paling mudah untuk menggabungkan external javascript ini salah satunya adalah dengan menggunakan Google closure compiler
menggabungkan external javascript

Yang dilakukan hanya perlu mengambil 2 atau lebih URL source dari javascript yang akan digabungkan, paste URL di kolom Add a URL lalu klik add,  dan klik compile. Tunggu proses compiling dan hasilnya akan langsung terlihat di kolom Compile Code sebelah kanan.

Selanjutnya kita tinggal menyimpan kembali javascript tersebut secara external misalnya dengan menyimpan javascript di googlecode.

Tujuan menggabungkan beberapa external javascript ini untuk meminimalkan http request, sehingga dapat mempercepat loading blog atau website. Jika kita mengecek kecepatan website di pingdom atau pagespeed insight dan menggunakan banyak external javascript maka biasanya akan terlihat bahwa rekomendasi yang diberikan adalah menggabungkan javascript dan juga meminimalkan atau mengkompress javascript tersebut.

Demikian cara menggabungkan beberapa file exernal javascript.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru