Cara Nonaktifkan Blok Text Kecuali Area Kode

By
Cara lain untuk meminimal pencurian konten selain menonaktifkan klik kanan pada website juga bisa dengan men disable blok text atau ketika seseorang akan memilih text untuk di copy. Tutorial di bawah berikut untuk menonaktifkan blok text tapi tidak untuk bagian kode. Karena bagian kode biasanya memang untuk di bagikan.

Untuk disable atau menonaktikan blok text atau select text pada website atau blog, caranya bisa menggunakan css berikut :

 .post-body {  
  -webkit-user-select: none;    
  -khtml-user-select: none;    
  -moz-user-select: none;    
  -o-user-select: none;    
  user-select: none;    
 }  
 <!--bagian code-->  
 pre,code  
 {  
 -webkit-touch-callout: text;   
 -khtml-user-select: text;   
 -moz-user-select: text;   
 -ms-user-select: text;   
 user-select: text;}  

pre, code di atas adalah html tag untuk menampilkan area kode. Jika untuk menampilkan area kode hanya menggunakan code maka ganti pre, code dengan code.


cari css class

Pada contoh berikut yang akan di nonaktifkan blok text nya adalah text pada postingan dan menggunakan blogger / blogspot.

Cari nama Class

Langkah selanjutnya adalah dimana harus menempatkan kode css tersebut. Cukup dengan mencari tahu  nama class dari text yang akan di nonaktifkan tersebut. Caranya buka salah satu postingan yang terdapat text, lalu klik kanan dan pilih Inspect Element (Q). Atau jika menggunakan add ons firefox seperti firebug juga bisa dipilih ketika klik kanan. Selanjutnya lihat nama class dari text tersebut.


inspect element lihat nama class

Masukkan kode CSS ke dalam Class Untuk Blogger

Untuk memasukkan kode css, jika pengguna blogger masuk ke template dan edit html lalu cari nama class yang sudah kita dapat pada langkah di atas. Seperti di contoh berikut nama class text di postingan dari blogspot adalah post-body, maka dari edit html cari nama class post-body dan paste kode css di antara tanda { dan }

nonaktifkan blok text blogspot

Jika sudah selesai jangan lupa klik save dan coba buka kembali blog dan lihat apakah hasilnya bekerja. Cara ini sudah di tes melalui browser Firefox 36, chrome 36, dan internet explorer 8.
Demikian cara men disable atau menonaktifkan blok text di postingan website. Jangan lupa klik share dan follow kami melalui twitter, facebook dan google plus untuk terus mendapatkan update terbaru.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru