Facebook Segera Meluncurkan Fitur Terbaru On This Day

By
Facebook dalam beberapa hari kedepan akan meluncurkan fitur terbarunya yaitu On This Day. Di mana aplikasi ini berguna untuk melihat status dan aktifitas facebook pada tahun sebelumnya, seperti status tahun kemarin, photo tahun kemarin pada tanggal yang sama. Di halaman profil facebook, selama ini sudah ada pilihan untuk melihat aktifitas tahun-tahun sebelumnya, hanya saja bukan fitur khusus yang langsung mengarah ke tangggal yang sama.

Misal tanggal hari ini 26 Maret 2015, maka dengan fitur terbaru On This Day akan mengarah langsung ke aktifitas tanggal 26 Maret 2014. Hal ini serupa dengan aplikasi Timehop yang tersedia di iOS dan Android paltform, dimana pengguna aplikasi ini telah mencapai 6 juta pengguna harian. Sehinga On This Day akan menjadi kompetitor dari aplikasi ini.

timehop



Untuk sementara On This Day Facebook sudah bisa di akses, namun keterangannya masih not available to everyone. On This Day dapat di akses melalui https://www.facebook.com/onthisday, menu bookmark Facebook, dan menu pemberitahuan iOS atau Android. Facebook akan meluncurkan fitur ini dan dapat digunakan dalam beberapa hari kedepan. Sebetulnya On This Day bukanlah hal baru di Facebook, dari tahun 2011 sudah ada fitur ini, hanya saja tidak bekerja dengan baik dan tidak terlalu populer sehingga tidak banyak yang mengetahui.

facebook on this day not available

Jika aplikasi serupa Timehop dapat melihat aktifitas dari tahun sebelumnya pada Facebook, Twitter, Instagram, Foursquare, Flickr, Dropbox, atau iPhoto, maka On This Day hanya tersedia untuk Facebook. Manager produk fitur Facebook, Jonathan Gheller menolak jika On This Day dikatakan terinspirasi karena Timehop, menurutnya On This Day terinspirasi karena perilaku dari komunitas yang ada di Facebook.

Ada 6 juta pengguna harian Timehop, sementara masih ada 890 juta pengguna Facebook lainya yang belum pernah mencoba bahkan mendengar Timehop, maka peluang On This Day sangat terbuka agar pengguna dapat menikmati layanan ini.

Sementara CEO Timehop Jonathan Wegener, merasa tidak terlalu khawatir mengenai hal ini. Menurutnya salah satu investor Timehop mengatakan memang lebih baik jika Facebook tidak ikut melakukan hal serupa, namun sangat mensukuri atas keberhasilan Timehop menjadi aplikasi yang sukses digunakan banyak orang. Dan menurutnya ia tidak perlu khawatir karena Timehop lebih dari itu, tidak hanya mengumpulkan history dari aktifitas Facebook tahun –tahun sebelumnya, namun juga mengumpulkan history dari aplikasi-aplikasi lainya juga.

Dalam beberapa hari atau minggu ke depan kita sudah dapat menggunakan fitur Facebook On This Day, melihat historikal pada tanggal tersebut dan membagikanya ke teman-temana aktifitas apa yang terjadi pada hari itu.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru