Hapus Aplikasi Tidak Terpakai di Facebook dan Twitter

By
Biasanya kita sering menginstall atau menggunakan aplikasi melalui media Facebook dan Twitter, namun setelah beberapa waktu aplikasi tersebut tidak terpakai lagi, entah karena bosan atau memang tidak diperlukan lagi. Aplikasi yang sering dipakai menggunakan akun Facebook maupun Twitter beraneka ragam seperti game, menggunakan akun untuk mendapatkan akses login ke layanan lain, atau layanan dan aplikasi lainya.

Ketika akan menggunakan aplikasi tersebut atau ketika menggunakan akun untuk login pada suatu layanan, aplikasi selalu meminta izin aplikasi. Izin aplikasi yang diminta antara lain mengakses alamat email, profil, pesan, mengirim pesan, menulis di wall, bahkan memfollow akun tertentu.

Jika aplikasi sudah tidak terpakai, tanpa disadari bahwa izin yang pernah kita berikan terhadap aplikasi tersebut terus berjalan, maka oleh karena itu baiknya selalu mengecek dalam rentang waktu tertentu misal beberapa bulan sekali apa saja aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Jika menemukan aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi, segera cabut atau hapus hak akses aplikasi tersebut.

Salah satu kegunaanya agar aplikasi tidak terus menerus mengirimkan pemberitahuan, atau menulis di wall secara otomatis, dan mengirimkan pesan otomatis, tanpa sepengetahuan kita.

Untuk menghapus hak akses aplikasi berarti harus uninstall aplikasi tersebut. Untuk twitter dapat melalu menu twitter setting, dan pilih menu apps, lalu cari aplikasi yang tidak terpakai dan klik revoke access. Sedangkan untuk facebook, dapat melalui menu  setting, lalu masuk ke menu Apps dan cari aplikasi yang akan dihapus. Klik tanda silang (X) untuk menghapus aplikasi.

cara menghapus aplikasi facebook

Seperti terlihat bahwa tanpa disadari banyak aplikasi yang pernah diinstall sebelumnya, namun tidak pernah digunakan, bahkan terkadang kita sudah lupa kapan menginstall aplikasi tersebut.

Jika ingin hanya mengubah izin aplikasi klik tanda pensil. Izin aplikasi yang dapat diubah hanya siapa saja yang dapat melihat kita memakai aplikasi tersebut dan apakah aplikasi dapat mengirimkan pemberitahuan. Sedangkan izin aplikasi yang sifatnya required atau dibutuhkan tidak dapat dihapus hak aksesnya.

Demikian sedikit sharing mengenai bagaimana cara menghapus hak akses aplikasi di twitter dan facebook, jangan lupa untuk share dan follow kami untuk mendapatkan update lainya.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru