Hati-hati Menggunakan Paket Internet Telkomsel

By
paket internet telkomsel

Sedikit sharing mengenai paket internet telkomsel yag menghilang 1123 MB pagi ini secara tiba-tiba. Kartu telkomsel yang digunakan bungdus adalah Loop, yang pendaftaran paketnya melalui akses *567#.

Pada tanggal 7 Maret 2015 yang lalu bungdus membeli paket internet Loop 16GB, penjelasan di paket tersebut 1GB tambahan 2,5GB di 3G, dan 12,5 GB midnight berlaku pukul 00.00-09.00, seharga 115.000 karena berada di zona 4.

Sebelum menggunakan internet kemarin, ketika di cek paket yang tersisa adalah, 1024MB, 856MB Flash, dan 18150MB midnight. Sedangkan mulai mengakses internet semalam adalah pukul 1 pagi, yang artinya paket yang terpakai adalah peket midnight seharusnya.

Karena ketiduran, internet baru di disconnect pukul 10 pagi (sebetulnya jam 12 siang, cuma agar kelihatan bangun pagi jadi di tulis jam 10, dengan begitu yang baca pasti tidak tahu kalau bangunya jam 12 siang) dan keterangan di modem penggunaan internet adalah 1GB.

Ketika siang ini akan mengakses internet kembali dan mengecek sisa paket internet, ternyata mengejutkan sisa paket yang tersisa tinggal 754MB dan 16852MB midnight. (kesal sambil banting hp ke kasur, kalau ke lantai takut rusak hp semata wayang) Itu artinya kuota internet yang terpakai adalah kuota midnight 1298MB dan kuota internet siang 1123MB.

Setelah membaca dibeberapa forum dan artikel ternyata pemakaian internet telkomsel midnight yang di diskonek setelah pukul 09.00 pagi, akan mengambil kuota internet siang. Jadi pemakaian internet malam dari jam 1 pagi sampai jam 10 pagi tersebut mengambil kuota internet hanya yang siang. Sementara kuota 1298MB midnight yang terpakai kemungkinan karena semalam sempat diskonek, dan pemakaian sebelum diskonek mungkin memang sekitar 1,3GB,  tidak terlalu diperhatikan jadi kurang bisa dipastikan.

Kesimpulan :

  • Jika menggunakan paket midnight loop telkomsel, jangan lupa disconnect sebelum pukul 09.00 pagi.
  • Pemakaian paket midnight yang disconnect setelah pukul 9 pagi akan mengambil kuota internet siang.
Jika kesimpulan di atas berbeda kejadianya dengan teman-teman, bisa terjadi mungkin karena berbeda lokasi, atau beda nasib.

Sebetulnya kejadian hilang paket internet ini bukan yang pertama kali. Bulan kemarin juga seperti itu, hanya saja karena jarang mengecek paket internet, bungdus pikir itu karena pemakaian siang yang berlebihan. Walau memang dirasa tidak wajar, karena bulan kemarin harus membeli 3 kali paket internet 16GB loop, yang artinya menghabiskan 345rb hanya untuk internet.

Semenjak itu setiap hari bungdus selalu mengecek sisa kuota sebelum mulai internetan, dan membagi jatah kuota siang perhari (3500MB/30hari). Dan akhirnya sekarang baru ketahuan penyebabnya kenapa paket internet siang cepat sekali habis. Karena memang bungdus jarang diskonek sebelum jam 9 pagi karena ketiduran.

Bersyukur sekaligus menyesal. Bersyukur karena ketahuan sebelum 3 bulan, menyesal karena baru ketahuan setelah 2 bulan. Sebagai catatan sebenarnya bungdus sudah memakai Loop hampir setengah tahun, namun biasanya sebelum jam 12 malam dan sebelum jam 9 pagi, internet akan otomatis diskonek jika akan pindah kuota ke siang atau midnight. Dan memang baru 2 bulan ini dirasa internet tidak otomatis diskonek sebelum pindah kuota, dan hanya ada sms pemberitahuan jika akan pindah kuota dari siang ke midnight, tapi tidak ada sms pemberitahuan dari midnight ke siang.

Jika ada saran paket internet murah yang lain, silahkan beri saran lewat komentar, namun sebagai catatan bungdus tidak mempunyai telepon rumah, dan tinggal di desa yang sinyalnya terbatas untuk operator tertentu. Selama ini yang pernah di coba dan lumayan lancar hanya telkomsel dan smartfren.

Pelajaran yang bisa di ambil untuk orang yang jenisnya sama seperti bungdus adalah, “diskoneklah internetmu sebekum didiskonekan telkomsel”

8 comments:

  1. ane makainya 3 bukan telkomsel

    ReplyDelete
  2. wah harus hati2 pemakaiannya ya gan? makasih infonya gan

    ReplyDelete
  3. Waduh ngeri juga ya gan. Ane juga pake telkomsel tapi yang 50rb dapat 1 gb .

    ReplyDelete
  4. aslinya bungdus udah memberi ilmu. Makasih banget, sekarang akan makin hati-hati

    ReplyDelete
  5. Thanks bget infonya gan, aq juga ngalamin hal yg sama T.T skarang udah tau solusinya hrus di diskonek dulu

    ReplyDelete
  6. wih persis sama yang ane alamin gan, cuman ane ngambil paket loop gigachat, 35rb dapat 600MB fullday + 5,4 GB midnight, paket ane yang pas jam 8 pagi masih trtulis 478 MB fullday + 4877 MB, tpi pas ane cek jam 1 siang tinggal 100 MB fullday dan paket midnight tetap pdahal gak buka aplikasi yang makan kuota banyak kayak youtubeinstagram (cuman buat bbm sama messenger lainnya), merasa dirugiin nih sama tlkomsel

    ReplyDelete
  7. Asem and juga ilang noh paket,baru juga sehari beli,sok"an download gta jam 2 pagi ๐Ÿ˜’

    ReplyDelete
  8. Asem,ane juga ilang paket,sok"an jam 2 pagi download gta,manfaatin midnight,tau" yg kepake kuota utamanya ๐Ÿ˜’

    ReplyDelete

Terbaru