Nintendo dan DeNa menghadirkan Game di Ponsel

By
nintendo dan dena berkerja sama menghadirkan game di ponsel

Berita terbaru hadir dari dunia game, Nintendo akhirnya membawa game dan karakter-karakternya ke perangkat mobile setelah perusahaan tersebut berkerja sama dengan perusahaan game ponsel asal Jepang DeNa.

Kerjasama dua perusahaan ini akan mengembangkan game untuk “perangkat pintar”. Layanan lainya yang akan dikembangkan yaitu pemain akan dapat bermain game melalui berbagai perangkat, termasuk dari ponsel, PC dan konsol Nintendo sendiri seperti 3DS dan Wii U yang dijadwalkan akan keluar pada musim gugur 2015 di luar negeri.

Pihak Nintendo mengatakan bahwa ini akan menjadi babak baru, bukan lagi permainan yang sudah ada di perangkat konsol game itu sendiri sehingga dapat menjamin kualitas dan pengalaman pengguna seperti yang diharapkan konsumen.

Bagi fans Nintendo, perusahaann tersebut mengatakan semua Nintendo IP memenuhi syarat untuk dikembangkan dan eksplorasi oleh aliasni. Kerjasama dua perusahaan ini tidak akan membanjiri pasar dengan banyak Game, pendekatan yang dilakukan lebih ke kualitas game daripada kuantitas.

Pada konferensi pers, Presiden Nintendo Satoru Iwata mengungkapkan bahwa pembicaraan telah dimulai sejak musim panas 2010, namun baru menjadi lebih konkret akhir tahun lalu. Iwata mengakui bahwa Nintendo tidak mampu untuk melakukan transisi ke perangkat mobile semulus yang diharapkan. Iwata juga membantah bahwa pertumbuhan perangkat mobile yang cepat mematikan perangkat game konsol, hanya saja dia mengatakan bahwa disayangkan jika tidak melihat peluang bisnis di smartphone.

Iwata mengatakan “Kami menghadirkan passion dan visi yang lebih kuat untuk game konsol” dengan keputusan ini. Pada dasarnya, ia percaya bahwa game mobile yang menarik dapat menjadi “jembatan” yang mendorong konsumen untuk membeli game konsol Nintendo.

Kedua belah pihak berinvestasi 22 Miliar Yen atau 181 Juta Dollas US satu sama lain. Dan itu artinya sekitar 10 persen saham DeNa untuk Nintendo, sementara DeNA akan memperoleh 1,24 persen saham Nintendo.

Didirikan pada tahun 1999, DeNa mungkin kurang terkenal di luar Asia, tapi DeNa merupakan perusahaan game ponsel bernila multi miliar dollar. DeNa awalnya berkembang melalui pertumbuhan game ponsel berbasis web di Jepang, tetapi selama beberapa tahun terakhir telah beralih ke aplikasi, termasuk pembelian ngmoco senilai 400 juta dollar dan pembuat game sosial Punch.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru