Perekam Akifitas Monitor dengan Camtasia Recorder

By
Penjelasan cara merekam akifitas monitor dengan Camtasia Recorder disini adalah camtasia versi 8. Untuk memulai menggunakan perekam aktifitas monitor (screen recoreder) dengan menggunakan aplikasi camtasia recorder, pertama download dan insall camtasia full version terlebih dahulu, setelah di install, buka aplikasi camtasia recorder. Jika menggunakan windows, dari start menu aplikasi camtasia ada di dalam folder Techsmith.

Setelah aplikasi camtasia recorder terbuka selanjutnya kita akan melihat dua menu utama yaitu select area dan recorded input.

perekam aktifitas monitor camtasia recorder

Penjelasan Menu


Select area

Select area untuk memilih atau menentukan area yang akan direkam, apakah full screen atau custom dengan memilih ukuran layar tertentu yang sudah disediakan.

Selain ukuran area yang sudah disediakan ada dua pilihan lain pada menu custom yaitu Lock to Application dan Select area to record.

select area menu custom camtasia recorder

Lock to application 

Loct to application berguna jika kita akan merekam suatu aplikasi yang sedang tampil di layar komputer. Misal jika ingin merekam akifias di browser, maka dengna memilih lock to applicaion area yang akan direkam hanya browser dan tidak bagian toolbar windows di bawah, begitu juga unuk aplikasi lain.

Select area to record

Select area to record akan otomatis memilih area tertentu pada suatu aplikasi atau layar pada komputer. Misal kita arahkan kursor ke toolbar window bagian bawah, maka area yang otomatis terpilih hanya toolbar bagian bawah windows dan tidak keseluruhan layar.

Recorded Input

Recorded Input juga terdiri dari dua pilihan menu yaitu webcam dan audio. Webcam untuk menggunakan webcam pada laptop atau PC (jika tersedia webcam) dan Audio untuk pilihan apakah akan merekam suara kita atau suara yang keluar dari komputer, atau tidak ingin merekam suara apapun. Jika ingin merekam suara pastikan audio dalam posisi on (tercentang warna hijau).

merekam suara dengan camtasia recorder

Merekam suara dari komputer

Untuk merekam suara yang keluar dari komputer, setelah audio input sudah dalam posisi on dan ada tanda centang, pilih tanda panah kecil sebelah kanan dan pilih record system audio.

merekam suara dari komputer camtasia recorder

Ini berguna misal kita ingin merekam musik yang sedang dimainkan dari komputer, maka musik tersebut akan ikut terekam. Tapi jika video ingin di edit kembali nantinya (misal jika ingin ada bagian yang dipotong), sebaiknya tidak usah aktifkan fitur ini, karena musik atau suara lainya bisa ditambahkan kemudian ketika proses editing.

Merekam suara dengan Microphone

Jika ingin merekam suara kita sendiri ketika merekam akifitas monitor, setelah audio input sudah dalam posisi on dan ada tanda centang, pilih tanda panah kecil sebelah kanan dan pilih jenis microphone yang terdeteksi oleh camtasia recorder.

merekam suara sendiri camtasia recorder audio

Untuk beberapa laptop, tidak perlu menggunakan microphone eksternal untuk merekam suara, karena bisa menggunakan microphone internal yang sudah ada pada laptop.

Tidak ingin merekam suara

Jika tidak ingin merekam suara apapun baik dari komputer maupun dari microphone, cukup klik tanda gambar microphone sehingga akan ada tanda silang warna merah, dan ada keterangan audio off.

Menu bagian atas

Pada baian atas camtasia recorder ada 4 menu yaitu Capture, Effects, Tools dan Help.

Capture

Submenu pada capture sama saja seperti penjelasan di atas yaitu untuk record dan audio.

Effects

Jika ingin merekam dan kemudian akan di edit kembali, pilihan pada menu efffect bisa diabaikan saja karena semua fungsinya bisa diatur kemudian ketika editing video menggunakan camtasia studio. Submenu pada effects terdiri dari mengaktifkan tanggal dan waktu merekam video, menambah title, dan mengaktifkan suara mouse.

Tools

Tools berisi submenu dari link aplikasi camtasia lainya, yang terinstall bersamaan dengan camtasia recorder.

Help

Help berisi link tutorial menggunakan camtasia secara online.

Memulai Merekam


Setelah pengaturan sudah dilakukan seperti penjelasan di atas, selanjutnya kita dapat memulai merekam dengan cara menekan tombol REC yang berwarna merah, atau dengan menekan F9. Camtasia akan memulai merekam dalam hitungan mundur 3 detik setelah kita menekan tombol Rec.

Stop Merekam


Untuk berhenti merekam dapat menekan F10. Dan otomatis akan dibawa ke layar berikutnya yaitu preview.

Menyimpan Hasil Rekaman


Untuk menyimpan hasil rekaman dapat dilakukan pada layar preview, yang terdapat tiga opsi yaitu Save and Edit, Produce dan Delete.

preview camtasia recorder

Save and Edit

Jika ingin langsung mengedit hasil rekaman, maka dapat langsung menekan tombol Save and Edit. Simpan hasil rekaman dalam format .camrec atau .avi. Setelah di save selanjutnya otomatis akan terbuka aplikasi camtasia studio untuk mengedit video.

Tapi jika ingin hanya menyimpan hasil rekaman dan mengedit video kemudian, maka pada menu save and edit, klik tombol panah kecil di bawah save and edit lalu pilih save as. Save as akan menyimpan hasil rekaman dalam format .camrec atau .avi tanpa membuka aplikasi camtasia studio.

Sebaiknya simpan saja hasil rekaman dalam format .camrec jika video masih akan diedit. File video dengan format .camrec dapat dibuka, diedit lalu diekspor ke format video lain nantinya dengan menggunakan camtasia studio.

Produce

Produce sama saja dengan save and edit fungsinya, yaitu setelah diklik akan menyimpan dalam format.camrec atau .avi, lalu otomatis membuka aplikasi camtasia studio.

Delete

Jika tidak puas dengan video yang dihasilkan, maka dapat dihapus dengan menklik tombol delete.

Demikian cara menggunakan dan penjelasan mengenai camtasia recorder. Untuk proses editing dan mengekspor video, akan dijelaskan pada artikel selanjutnya mengenai camtasi studio. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk klik tombol berbagi dan follow kami untuk update selanjutnya.

2 comments:

  1. terima kasih artikelnya
    sekarang rekam desktop jadi lebih mudah
    bisa langsung ke tkp

    ReplyDelete

Terbaru