Playr - Aplikasi Pembuat Game untuk iPhone

By
playr aplikasi untuk membuat game untuk iphone
Selain game populer Candy Crush Saga, game ponsel lainya yang mampu menjadi tren, menarik, serta mampu menciptakan viral yaitu seperti Flappy Bird dan Timberman. Game-game ini hanya membutuhkan sedikit waktu untuk dipelajari, membutuhkan hitungan hari untuk menjadi master, serta gratis atau hanya membutuhkan sedikit biaya. Bagi sebagian orang yang bermain game-game tersebut akan mengatakan bahwa yakin bisa membuat game seperti itu.

Adalah Chris Galzerano, pemuda berumur 18 tahun yang selama hampir dua tahun terakhir bekerja untuk membuat aplikasi Playr, sebuah aplikasi untuk pengguna iPhone yang memungkinkan siapa saja dapat membuat game.

Tidak seperti aplikasi Unity atau GameSalad, Playr tidak membutuhkan PC atau software profesional lainya untuk memulai, semua dibuat dari ponsel. Menjadi “Pengembang Game” mungkin kata yang terlalu berat digunakan dalam menggunakan aplikasi ini. Ketika pertama menggunakan aplikasi ini di iPhone, kita diberikan akses untuk memilih lima tempale untuk membuat game sederhana seperti vertical 2D shooter atau Doodle Jump.

template pembuat game playr

Setelah memilih salah satu template, kita dapat mengedit bagian dari permainan seperti gambar dan audio, dimana semuanya dapat menggunakan gambar dan audio dari handphone, foto dari kamera, atau melalui rekaman suara. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk membuat dan membagikan game sederhana ini. Setelah selesai membuat game dan menyimpan project, kita bisa membagikan game ke jejaring sosial melalui aplikasi game tersebut, dan kita bisa mengikuti teman-teman yang lain untuk melihat game apa yang mereka buat dan mainkan.

Galzerano mengatakan ia ingin aplikasi ini seperti Vine, aplikasi sederhana yang membutuhkan waktu singkat untuk di buat namun menyenangkan.

Jika dari kelima template tidak sesuai dengan jenis game yang kita inginkan, kita dapat memilih lima template lainya seharga 1 dollar untuk masing-masing template, atau bisa mendapatkanya gratis dengan cara mengalahkan poin dalam bermain game yang dibuat oleh orang lain.

Galzerano mengatakan dia sedang mencari seorang game designer untuk membantunya membuat template game yang lebih bervariasi untuk aplikasi tersebut. Dan juga ia merencanakan agar pengguna dapat memodifikasi variabel dalam game seperti mengubah kecepatan pergerakan dalam waktu yang singkat sehingga game dapat menjadi lebih unik dan memiliki perbedaan dengan yang lain.

Lebih dari 12.000 orang telah mendownload Playr sampai saat ini dan telah tercipta lebih dari 13.000 game dari aplikasi tersebut. Walaupun konsep untuk seseorang bisa membuat game mereka sendiri bukanlah hal yang baru, bahkan di ponsel dan tablet, faktanya Galzerano membuang kompleksitas dalam membuat game sebanyak mungkin namun tetap memberikan kesan bahwa pengguna telah “membuat game”. Berbeda dengan Unity atau Unreal yang merupakan profesional tools dan bukan sebagai permainan yang menyenangkan.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru