Tips Goblok Menulis Cepat Ala Bungdus

By
tips menulis cepat

Terkadang kita merasa jenuh dan kehabisan ide dalam menuangkan tulisan, baik itu untuk artikel blog, buku, kolum majalah, dan lain-lain. Tapi ini bukan untuk meulis status twitter atau facebook. Bungdus mempunyai sedikit tips yang bisa dibilang goblok. Kenapa goblok, karena mungkin sebagian orang tidak perlu melakukanya untuk bisa menulis dengan cepat. Dan tips ini hanya untuk yang berumur 18 tahun ke atas,hehe. Berikut tips menulis cepat ala bungdus.

Cukup Tidur 

cukup tidur kucing ngantuk
Kalau yang bagian pertama ini bukan tips goblok, ini berlaku untuk semua pekerjaan, khususnya menulis. Pernah suatu kali harus memaksakan diri untuk tidak tidur hanya untuk menulis agar mendapatkan banyak tulisan, tapi ternyata justru membuat daya kreatif dan daya pikir menjadi berkurang pada hari-hari berikutnya. Memang pada hari saat memaksakan diri untuk tidak tidur tulisan yang didapat lumayan banyak, namun pada hari berikutnya jangankan menulis, berfikir dan bergerak pun susah karena ngantuk. Kalau pun rasa ngantuk bisa ditahan, tapi kemampuan untuk berfikir menurun drastis.

Tempelkan Foto Yang Membuat Semangat 

mpok nori membuat semangat
Cari sumber semangat kita, apa atau siapa. Misal semangat kita adalah memiliki rumah, atau mobil, tempelkan foto rumah atau mobil tersebut di dekat PC, laptop atau media yang digunakan untuk menulis. Jika semangat adalah orang yang kita cintai misal orang tua, pacar, istri dan anak, maka tempelah foto mereka, atau tempelah semua foto tersebut jika semuanya merupakan sumber semangat kita.

Pandangi foto tersebut di kala merasa sungkan untuk menulis, sehingga tergerak dan menjadi semangat kembali. Usahakan menempel tepat di depan pandangan mata lurus ke depan, agar tidak banyak berpaling. Jadi sediakan space sedikit di dekat laptop atau PC agar foto tetap terlihat.

Dengarkan Musik Cepat 

musik dengan beat cepat
Kalau yang berikut termasuk tips goblok, mungkin sebagian orang tidak memerlukan ini, tapi bagi bungdus ini hal penting. Teringat pesan ibu guru saya ketika sekolah dulu, jangan mendengarkan musik ketika belajar. Mungkin ada benarnya, tapi tidak ketika menulis. Tergantung kebutuhan menulis untuk apa, jika yang ditulis adalah rumus, mungkin memang jangan mendengarkan musik.

Dengarkan musik dengan beat cepat, kalau bungdus pribadi mendengarkan musik mellow, semakin lambat musik maka semakin lambat pula menulis.

Dengarkan lagu yang tidak hapal liriknya. Bukanya apa-apa, bungdus menyadari keindahan suara yang dimiliki, serak serak becek, hehe, jadi jika mendengarkan lagu yang hapal liriknya, ketika menulis biasanya akan ikut-ikutan menyanyi sehingga lebih banyak menyanyi daripada menulis.

Siapkan Kopi Dan Rokok 

siapkan kopi dan rokok
Nah itu kenapa tips ini untuk 18 tahun ke atas, menulis tanpa merokok dan ngopi, bagai menulis dalam kesunyian gelap malam, halah.. Kalau kata dokter kopi dapat meningkatkan kosentrasi, maka kopi juga salah satu hal terpenting bagi yang suka ngopi, bagi yang tidak suka ya jangan. Yang jelas kopi dan rokok adalah hal terpenting yang membuat semuanya bergerak lebih cepat, tidak hanya dalam menulis tapi dalam berbagai kegiatan,hehe.

Itulah tips goblok untuk menulis cepat dari bungdus, intinya adalah lakukan apa yang kira-kira bisa membuat semangat. Cari tahu dan lakukan.

1 comment:

  1. wah sepertinya kopi dan rokoknya saya ganti yang lainn aja gan , seperti cemilan , soalnya tidak merokok :D
    gan bisa follow back blog ane nda blog ente udah ane follow :D
    salam kenal gan

    http://game4tm.blogspot.com

    ReplyDelete

Terbaru