Total Hadiah Lomba Hacker 7,3 Milliar

By
Hacking Browser Contest
Pemenang kontes hacking browser tingkat dunia telah diumumkan. Lomba ini berlangsung dari tanggal 18-19 Maret 2015 kemarin di Canada, dan merupakan acara tahunan Pwn2Own yang diselengarakan pada acara koferensi keamanan jaringan komputer di CanSecWest dan disponsori oleh perusahaan HP (Hewleet-Packard).

Pwn2Own sendiri merupakan ajang lomba computer hacking dari seluruh dunia yang diselenggarakan setiap tahun dan sudah dimulai pada tahun 2007. Target hacking yang dilombakan adalah browser, dan aplikasi yang terkait dengan browser seperti Java, adobe reader, adobe flash dan juga Windows.

Hadiah dari lomba ini tidak tanggung-tanggung apalagi jika diukur dalam nilai rupiah, bayangkan saja JungHoon Lee yang berhasil menemukan bugs Chrome mendapatkan $110.000 atau sekitar 1,4 Miliar rupiah.

Setiap perusahaan yang mengikutkan aplikasi atau browsernya memberikan hadiah yang berbeda-beda, tergantung dari seberapa sulit dan seberapa banyak bugs yang ditemukan. Sebagai contoh pada Chrome hanya ditemukan 1 bugs, namun karena begitu sulit, mereka memberikan hadiah $75.000. JungHoon Lee berhasil mendapatkan tambahan bonus $25.000 karena berhasil menggunakan kode scriptnya dan $10.000 karena bug tersebut juga berjalan di Chrome versi Beta.

JungHoon Lee juga berhasil menemukan 1 bugs di brower safari dengan hadiah $50.000 dan 1 bugs di Internet Explorer 11 dengan hadiah $65.000, sehingga total JungHoon Lee mendapatkan total $225.000 atau sekitar 2,9 Milliar rupiah dalam waktu dua hari saja. Pada hari kedua akhir kompetisi total $557.500 atau sekitar 7,3 Milliar yang dibayarkan kepada peserta.

Berikut total bugs yang ditemukan pada masing-masing browser pada kompetisi tersebut :
  • 4 bugs ditemukan di Internet Explorer (di tes melalui Windows 8.1) 
  • 3 bugs ditemukan di Mozilla Firefox (di tes melalui Windows 8.1) 
  • 2 bugs ditemukan di Safari (di tes melalui OS X Yosemite) 
  • 1 bug ditemukan di Chrome (di tes melalui Windows 8.1) 
Karena bugs ini ditemukan dalam kompetisi resmi, maka tidak ada spesifkasi yang akan diumumkan kepada publik, sehingga walaupun browser yang sekarang kita pakai memiliki celah keamanan namun tidak berbahaya karena tidak ada atau belum banyak yang mengetahui. Dengan adanya lomba seperti ini maka pemilik atau pembuat browser akan memperbaiki setiap bugs yang ditemukan untuk browser versi terbaru.

Bagaimana tertarik untuk mengikuti lomba seperti ini? Sering menggunakan kata “hacker” sebagai nama tengah? Jika iya, mungkin sudah saatnya mengikui ajang bergengsi seperti ini. Kunjungi halaman CanSecWest jika ingin mendapatkan update mengenai lomba hacking tahunan ini, dan baca perarutan Pwn2Own untuk persyaratan yang diperlukan.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru