Cara Melanjutkan Download File Yang Dihapus Dengan IDM

By
Seringkali ketika melanjutkan download file menggunakan internet download manager putus di tengah jalan, entah karena mati lampu, atau karena koneksi internet yang putus, dan saat melanjutkan download terkadang gagal.

melanjutkan download idm file terhapus

File download idm terhapus

Hal ini biasanya disebabkan hosting tempat menyimpan file untuk didownload membuat sistem temporari link download untuk rentang waktu tertentu, sehingga file tidak ditemukan jika mendownload keesokan harinya atau beberapa jam kemudian, karena alamat link download sudah berubah. Ketika melanjutkan download IDM memberikan keterangan file deleted or moved.

Mungkin tidak masalah jika file download berukuran kecil, misal kurang dari 1MB, tapi akan masalah jika file download hampir 1GB seperti jika kita mendownload film atau youtube, apalagi kalau progres download stop di 75%. Sayang bukan kalau harus mendownload dari awal apalagi kalau menggunakan paket internet yang pas-pasan.

Lanjutkan download dengan refresh idm

Maka untuk melanjutkanya cara yang dapat dicoba adalah

Cara pertama. Klik kanan di file yang terputus downloadnya dan klik resume download, kalau filenya masih ada dan tidak temporary seharusnya IDM sudah langsung melanjutkan mendownload.

Tapi jika gagal, maka

Cara kedua. Klik kanan file yang akan didownload dan pilih refresh download address. Selanjutnya IDM akan membuka halaman tempat file tersebut, dan akan ada tombol stop waiting, biarkan saja jangan diklik tombol itu karena kita akan menunggu file tersebut didownload. Jika file tersebut masih ada maka IDM akan melanjutkan download.

Tapi bagaimana jika kasusnya setelah dicoba resume download, dan refresh download address tetap saja keterangannya file deleted or moved, mungkin karena hosting file menggunakan temporari link download seperti yang dijelaskakn di atas tadi. Maka caranya adalah

Cara ketiga. Tetap lakukan refresh download address, dari file yang akan dilanjutkan download. Lalu setelah ada tulisan stop waiting biarkan saja, lalu buka halaman web tempat kita mendownload file, klik link download dan ikuti langkah-langkah selanjutnya sampai akhirnya mendownload, dan file tidak akan mendownload dari awal tapi dari batas akhir download file sebelumnya.

Itu saja cara resume atau melanjutkan download file yang terhapus menggunakan IDM. Semoga membantu.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru