Cara Membuat Blog

By
Bagi yang tertarik untuk memulai ngeblog berikut tutorial cara membuat blog mulai dari mendaftar blog, membuat, dan mengatur konten menggunakan blogger dan wordpress. Blogger atau yang sering juga orang menyebutnya blogspot karena nama layanan sub domain gratis dari blogger adalah blogspot. Jika pertama kali membuat blog pilih platform yang umum digunakan oleh kebanyakan orang, tujuanya ketika menemui kesulitan kita dapat dengan mudah mencari informasinya di internet.

Platform yang umum digunakan dan mempunyai fasilitas membuat blog gratis tersebut adalah blogspot dan wordpress, selain itu penggunanya juga sangat banyak. Wordpress sendiri ada dua yaitu wordpress.com dimana hosting atau tempat kita menyimpan website ada di wordpress, dan ada wordpress.org dimana kita perlu menyewa hosting dan nama domain sendiri, ada yang berbayar ada juga yang gratis. Karena berikut untuk membuat blog pertama kali maka gunakan saja wordpress.com yang gratis.

Tujuan membuat blog

Tujuan membuat blog

Sebelum memulai buat blog, ada hal yang perlu dipertimbangkan yaitu isi konten, dan tujuan membuat blog, dimana kedua hal ini berkaitan. Ada beberapa alasan seseorang untuk memulai ngeblog, ada yang sekedar iseng , untuk belajar, memulai menulis, menuangkan pikiran, sampai menghasilkan uang dari blog. Buatlah isi konten atau artikel yang sesuai dengan tujuan kita membuat blog. Misal jika tujuan kita adalah untuk menghasilkan uang melalui blog, mungkin akan berbeda tulisanya dengan sekedar iseng untuk menuangkan apa yang ada dipikiran ke dalam blog.

Namun jika pertama kali membuat blog, sebaiknya tulis saja yang memang sesuai dengan minat dan menguasai bidang tersebut. Karena lebih mudah menulis 1000 kata bidang yang memang diminati ketimbang menulis 100 kata tetapi mengarang. Sedangkan untuk menghasilkan uang melalui blog, masih banyak hal yang harus dipelajari, biarkan saja berjalan dan terus menulis sambil belajar. Yang terpenting adalah memulai, dan jangan takut atau ragu tulisan dibaca oleh orang lain, karena ketika pertama kali menulis di blog, mungkin hanya ada satu atau dua orang yang membaca.

Blogger atau Wordpress ?

memilih buat blog dengan blogger atau wordpress

Jika ragu memilih platform mana yang akan digunakan, berikut sedikit gambaran perbedaan kedua platform tersebut.

Template blog

Di blogspot template tersedia dengan bebas di internet baik yang gratis ataupun berbayar, namun di wordpress.com template sudah diseleksi dulu oleh pihak wordpress sehingga template yang digunakan memang layak dan sudah standar wordpress.

Custom template

Jika dalam perjalanan ngeblog nanti kita senang mengutak atik template, maka memilih blogspot lebih tepat. Template blogspot bisa di custom sesuai dengan keinginan, bahkan kita juga bisa membuat template sendiri tergantung sebatas mana penguasaan bahasa pembrograman web. Tapi jika hanya ingin mengganti warna tema, mengganti latar belakang, mengganti icon, di wordpress kita juga bisa melakukan itu.

Menu blog

Ketika pertama kali membuat blog, umumnya kebingungan dalam menggunakan blogspot adalah membuat menu. Di blogspot tidak ada navigasi menu bawaan, yang ada hanya untuk menampilkan halaman. Namun jangan khawatir, karena sekali lagi sudah banyak tutorial di internet cara menambahkan menu di blogspot. Sedangkan di wordpress fasilitas untuk membuat menu sudah ada, kita tinggal memilih kategori apa yang akan ditambahkan ke dalam menu.

SERP

Search engine result page (serp), bahasa sederhananya jika sesorang melakukan pencarian sesuai dengan kata kunci blog kita, nanti hasilnya di halaman berapa blog kita di mesin pencari. Jika blog yang dibuat tujuanya untuk dibaca oleh publik dan ingin mendapatkan banyak pembaca dari mesin pencari google, maka wordpress lebih baik hasilnya dibanding blogspot.

Walaupun tidak ada jaminan jika menggunakan wordpress halaman akan berada di atas blog serupa yang menggunakan blogspot ketika di mesin pencari. Semuanya tergantung bagaimana mengoptimasi agar blog baik di hadapan sang mesin pencari, yang biasa para pakar sebut SEO. Hanya saja wordpress lebih membantu kita fokus ke menulis artikel karena segala sesuatunya sudah dipersiapkan oleh wordpress itu sendiri.

Menghasilkan uang dari blog

Jika tujuanya adalah untuk menghasilkan uang dari blog dengan menjadi publisher, semua platform untuk membuat blog bisa menghasilkan uang, tidak hanya blogspot dan wordpress. Tapi jika ingin tidak keluar modal alias gratis, maka gunakan blogspot. Dengan blogspot tanpa perlu menggunakan custom domain blog sudah bisa didaftarkan untuk menjadi penayang iklan google dengan cara memiliki akun adsense.

Sedangkan untuk wordpress kita juga bisa menjadi publisher dengan mendaftar wordads, hanya saja untuk mendaftar wordads harus menggunakan custom domain yang dapat dibeli di wordpress seharga $18. Tapi ada isu beberapa bulan yang lalu, bahwa blog di wordpress.com yang berbahasa Indonesia tidak dapat lagi didaftarkan wordads. Jadi jika ingin mendaftar wordads harus membuat blog berbahasa asing seperti Inggris.

Membuat blog di Blogger

Untuk mendaftar blog menggunakan blogspot, pertama siapkan akun Gmail yang akan digunakan untuk mendafar. Masuk ke www.blogger.com lalu login menggunakan akun gmail. Selanjutnya pilih opsi apakah akan menggunakan profil google+ atau profil blogger terbatas.

Sebaiknya gunakan saja profil google+ karena selain bisa otomatis sharing ke google+, juga akan lebih mudah bagi orang yang terhubung ke google+ kita untuk melihat dan membagikan kembali konten yang sudah kita buat. Jika sebelumnya belum ada atau belum pernah membuat profil google+ langsung saja klik tombol Buat profil google+ dengan beberapa langkah yang mudah.

Selanjutnya klik tombol blog baru dan isikan judul blog dan alamat blog. Usahakan membuat alamat blog minimal yang mudah diucapkan, bahkan kalau perlu mudah diingat. Tujuanya agar orang mudah untuk mencari blog kita kembali.

cara mendaftar dan membuat blog di blogspot atau blogger

Jika nama blog tidak tersedia kemungkinan nama blog tersebut sudah terdaftar, maka silahkan cari nama yang lain. Kita dapat langsung memilih template blog atau dapat memilihnya kemudian.

Setelah diklik tombol Buat blog, selanjutnya kita akan masuk ke halaman admin blogger. Berikut penjelasan menu-menu yang ada pada halaman tersebut.

Keterangan :
  1. Tombol untuk memulai membuat postingan
  2. Tombol untuk membuat halaman
  3. Tampilan grafik statistik jumlah viewer blog
  4. Keterangan jumlah komentar postingan, viewer, dan follower blog
  5. Ikhtisar, statistik blog seperti penjelasan no 3 dan 4
  6. Pos, menampilkan postingan yang telah dibuat
  7. Laman, menampilkan halaman yang telah dibuat
  8. Komentar, menampilkan komentar baik yang sudah di publikasikan atau masih menunggu moderasi
  9. Google+, untuk mengatur penggunaan google+, antara lain otomatis sharing posting ke google+, komentar menggunakan google+, dan mengaitkan halaman google+
  10. Statistik, menampilkan statistik blog yang lebih detail
  11. Kampanye, pilihan untuk mempromosikan blog
  12. Setelan, untuk menggunakan pengaturan blog termasuk komentar, deskripsi blog, dan pengaturan lainya.
Perbedaan halaman dan posting adalah halaman biasanya dibuat untuk menuliskan informasi mengenai blog, seperti kontak, about, daftar situs dan informasi lainya. Sedangkan postingan biasanya digunakan untuk menuliskan artikel blog.

Selanjutnya pilihlah template untuk blog, pada menu template sudah tersedia beberapa template yang bisa digunakan. Jika ingin template lainya kita bisa mencari di google dengan mengetikkan blogger template, ada ratusan blogger template gratis di berbagai blog.

Pilihlah template yang sederhana, karena semakin banyak fitur maka semakin rumit dan membutuhkan waktu untuk mengatur tampilan blog. Untuk template blogspot yang tampilanya cantik dan memiliki banyak fitur biasanya kita harus memasang kode-kode html, css dan javascript tertentu pada widget layout, atau di edit html template. Walaupun tinggal copy paste, tetapi jika ini adalah pertama kali kita membuat blog, lebih baik jika membuat yang sederhana dahulu dan seiring berjalanya pengalaman ngeblog, pelajari satu persatu cara memasang fitur tersebut.

Cara mengganti template blog

Untuk mengganti template masuk ke menu template dan pilih template yang ada di sana lalu aktifkan. Atau jika ingin mengganti template hasil download caranya pilih cadangkan/pulihkan, lalu klik Browse dan Unggah.

cara mengganti template blog di blogger atau blogspot

Jika berikutnya kita akan mengganti template kembali jangan lupa untuk mencadangkan template yang sedang aktif sekarang, tujuanya jika template yang baru diunggah tidak sesuai dengan keinginan kita bisa mengembalikan ke template semula dengan cara yang sama seperti mengganti template.

Pengaturan dan menulis deskripsi blogspot

Setelah mengganti template, berikutnya adalah membuat deskripsi blog, ini penting agar blog lebih mudah terindeks mesin pencari jika mempunyai deskripsi yang spesifik. Tidak ada urutan sebenarnya, kita boleh membuat deskripsi dahulu baru mengganti template atau sebaliknya.

Untuk membuat deskripsi masuk ke menu setelan dan pilih dasar. Walaupun panjang maksimal deskripsi adalah 500 karakter, tapi cukup isikan singkat saja, karena deskripsi pada menu setelan dasar ini adalah deskripsi yang akan tampil di halaman blog.

Isi deskripsi dengan singkat yang menjelaskan blog, misal jika blog bertemakan lifestyle, isi deskripsi misalnya “blog yang membahas gaya hidup anak muda” atau “semua tentang lifestyle terkini”.

Jika kita membuka menu setelan lalu preferensi penelusuran maka juga terdapat deskripsi. Deskripsi di menu ini adalah deskripsi untuk mesin pencari, panjang maksimal deskripsi adalah 150 karakter termasuk spasi. Isikan deskripsi di menu ini semaksimal mungkin, dan relevan dengan tema blog. Misal tema blog kita tadi adalah lifestyle maka isikan deskripsi misalnya seperti “blog lifestyle atau gaya hidup anak muda terkini, mulai dari fashion, gaya rambut uptodate, sosialista, hingga tempat nongkrong yang sedang tren”

Memulai Postingan Blogspot

Setelah memilih template dan mengisi deskripsi kita sudah dapat membuat postingan dengan mengklik tombol bergambar pensil. Berikut penjelasan menu yang ada di dalam postingan.

keterangan blogger atau blogspot halaman posting ketika pertama buat blog
Keterangan :
  • Compose , menulis posting dalam mode visual, apa yang sedang tampil di layar, adalah hasil preview tulisan sebenarnya
  • HTML, menulis dalam mode struktur kode html
  • Publikasikan, mempublikasikan postingan setelah menulis
  • Simpan, untuk menyimpan progress hasil tulisan
  • Pratinjau, preview hasil tulisan sebelum mempublish
  • Tutup, menutup halaman postingan
  • Label, memberi label atau kategori postingan
  • Jadwal, untuk menjadwalkan publish postingan, mengatuir tanggal serta jam posting
  • Tautan permanen, mengatur alamat URL sebuah postingan, apakah otomatis seperti judul posting atau membuat manual alamat URL
  • Lokasi, menentukan opsional jika ingin membuat lokasi postingan
  • Pilihan, untuk pilihan mengizinkan komentar atau tidak
Dengan memahami blog dan fungsi-fungsi yang ada di dalam halaman admin blog, maka kita sudah bisa membuat dan memulai menulis di blog, karena membuat blog pada dasarnya memang tidak terlalu susah. Yang susah adalah mengisi blog dengan konten yang berkualitas dan bermanfaat.

Jika ingin tips dan trik lainya dalam mengatur dan memanfaatkan fitur dari sebuah blog blogspot silahkan dibaca dan dicari pada blog ini. Karena terlalu panjang jika artikel membuat blog dengan blogger dan wordpress jika digabung, maka cara membuat blog dengan wordpress akan dipisah artikelnya pada postingan selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru