Cara Pasang Komentar Facebook di Website

By
Cara memasang komentar facebook berikut adalah untuk platform blogspot atau pun wordpress self hosted. Sebelum memasang komentar facebook untuk blog, harap pertimbangkan sumber pembaca blog apakah memang lebih banyak berasal dari pengguna aktif facebook. Jika iya, kolom komentar facebook memang sangat membantu para pembaca untuk memberikan komentar, tanpa perlu memasukkan email atau login ke gmail jika menggunakan komentar google plus.

Komentar Facebook untuk Blogspot

Pada beberapa template blogger ada yang sudah tersedia kolom komentar facebook, tapi jika kolom komentar facebook tersebut tidak ada di template yang kita pakai, maka kita dapat memasangnya sendiri.

Membuat aplikasi facebook

Untuk memasang komentar facebook pertama kita harus membuat aplikasi facebook, yang dimana kita nanti memerlukan app id aplikasi tersebut. Caranya tidak terlalu rumit, masuk ke developers facebook, lalu klik My app dan Add a New App untuk membuat aplikasi baru.

membuat aplikasi facebook

Selanjutnya jika ada pilihan Select a platform to get started, pilih Website dan isikan nama app. Pada kolom Tell us about your website isikan alamat blog lalu klik next. Jika sudah selesai dan ada keterangan Finish, kembali lagi ke halaman app yang baru dibuat tadi. Akan terlihat App ID yang nantinya akan digunakan.

Memasang script di template blogger

Buka template blogger dan edit HTML, masukkan <meta property="fb:app_id" content="app id yang sudah dibuat tadi"> tepat di bawah kode <head>

Kemudian cari <html yang biasanya ada di barisan paling atas template dan tambahkan kode berikut
 xmlns:fb='https://www.facebook.com/2008/fbml  
Sehingga menjadi seperti berikut

Cari kode
 div class='post-footer-line post-footer-line-2'  
dan paste kode berikut di bawahnya
 <b:if cond='data:post.isFirstPost'>    
 <script>(function(d){  
  var js, id = &#39;facebook-jssdk&#39;; if (d.getElementById(id)) {return;}  
  js = d.createElement(&#39;script&#39;); js.id = id; js.async = true;  
  js.src = &quot;//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&quot;;  
  d.getElementsByTagName(&#39;head&#39;)[0].appendChild(js);  
 }(document));</script>  
 </b:if>  
 <a expr:href='data:post.url + &quot;#fb-root&quot;'><fb:comments-count expr:href='data:post.canonicalUrl'/> komentar</a>  
Jika menemui dua kali kode <div class='post-footer-line post-footer-line-2'>cukup pastekan di bagian pertama.

Selanjutnya cari kode
 <div class='post-footer-line post-footer-line-3'>  
dan paste kode berikut di bawahnya
 <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>  
 <div id='fb-root'/>  
 <script>(function(d){  
  var js, id = &#39;facebook-jssdk&#39;; if (d.getElementById(id)) {return;}  
  js = d.createElement(&#39;script&#39;); js.id = id; js.async = true;  
  js.src = &quot;//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&quot;;  
  d.getElementsByTagName(&#39;head&#39;)[0].appendChild(js);  
 }(document));</script>  
 <div style='margin: 20px 0 0 0;'><fb:comments colorscheme='light' expr:href='data:post.canonicalUrl' expr:title='data:post.title' expr:xid='data:post.id' width='500'/></div>  
 </b:if>  
Angka width=’500’ adalah untuk menentukan lebar kolom komentar, silahkan ganti dan sesuaikan dengan lebar masing-masing template. Terkahir silahkan simpan template. Jika ingin menghilangkan komentar blog yang lama maka sembunyikan komentar melalui setelan, pos dan koAngka width=’500’ adalah untuk menentukan lebar kolom komentar, silahkan ganti dan sesuaikan dengan lebar masing-masing template.

Terkahir silahkan simpan template. Jika ingin menghilangkan komentar blog yang lama maka sembunyikan komentar melalui setelan, pos dan komentar.

Komentar Facebook untuk Wordpress

Untuk Wordpress, komentar facebook dapat dibuat dengan menginstall plugin. Salah satu plugin untuk membuat komentar facebook di wordpress adalah plugin Facebook Comments. Cukup install plugin, aktifkan plugin, dan masuk ke setting facebook comments. Dan komentar facebook telah aktif di blog wordpress.

Baik untuk blogspot dan wordpress, moderasi komentar facebook dapat melalui halaman https://developers.facebook.com/tools/comments Pilih aplikasi yang dibuat sebelumnya tadi, dan pilih setting untuk memilih akun facebook sebagai moderator, memasukkan kata tertentu sebagai blacklist atau membanned user tertentu.

1 comment:

Terbaru