Cara Setting Video Youtube

By
Berikut adalah cara setting pada video youtube dan juga channel youtube. Sebelum melakukan pengaturan video, tentu pertama harus membuat dan mengedit video lalu upload video ke youtube, baik video hasil rekaman ataupun hasil rekaman aktifitas monitor untuk video tutorial.

Cara upload video ke Youtube

Jika belum mengetahui cara upload video ke youtube, caranya sangat mudah, pertama login ke youtube menggunakan akun gmail, lalu klik tombol Upload yang ada di sebelah foto profil, lalu pilih video yang akan diupload ke youtube.

Setelah diupload, isi judul video, deskripsi video, tag, pilih thumbnail untuk preview video, dan klik tombol publish. Untuk membuat custom thumbnail, kita harus verifikasi akun youtube melalui pengaturan channel yang akan dijelaskan di bawah.

Setting video Youtube

Untuk setting video youtube masuk ke video manager. Jika tidak melihat tombol video manager setelah publish video, caranya buka channel video, dan tombol video manager ada di sebelah subscribers.

video manager setelah upload video ke youtube

Setelah berada di video manager pengaturan yang perlu dilakukan adalah di advanced settings, yang terdapat di menu info and settings. Secara default pengaturan video seperti pada gambar di bawah berikut.

advanced setting video youtube
Pilih kategori yang sesuai dengan konten video agar video lebih mudah terlihat ketika sesorang sedang melihat video dengan kategori yang sama Centang video statistics jika ingin statistik video terlihat oleh publik. Statistik video akan menampilkan statistik perkembangan jumlah viewer. Jika video mengandung konten dewasa, maka centang enable age restrictions, jika tidak video akan di banned oleh youtube.

Pengaturan selanjutnya adalah di menu Annotations jika ingin menambahkan link ke video lainya seperti yang sering kita lihat di video youtube. Atur waktu mulai text akan ditampilkan dan link jika text tersebut di klik. Klik Apply Changes jika semua pengaturan selesai.

setting channel video youtube

Setting channel Youtube

Pada channel setting pilih menu Status and features dan klik tombol Verify. Untuk verifikasi kita hanya perlu memasukkan nomor telepon aktif, lalu akan menerima kode verifikasi dari youtube dan masukkan kode tersebut.

Dengan memiliki akun youtube yang sudah terverifikasi, maka kita dapat meng upload video berdurasi lebih dari 15 menit, menggunakan custom thumbnail dan monitize video. Untuk monitize video klik tombol Enable di Monetization feature.

Upload defaults video youtube

Untuk setting video agar ketika selesai diupload dan publish, otomatis menggunakan pengaturan yang ada di upload defaults. Kosongkan saja bagian title dan description karena mungkin setiap video berbeda judul dan keteranganya.

Feature Content video youtube

Untuk memilih video yang akan ditampilkan sebagai link di video lainya. Kita dapat memilih video tertentu atau menggunakan video yang terakhir diupload.

setting featured content video youtube

Pilih featured video apakah akan ditampilan di akhir video atau tentukan sendiri waktu video akan di tampilkan.

Baca juga : bagaimana cara crop video dengan video editor

Branding video youtube

Jika kita sering melihat video youtube dan di pojok kanan bawah terdapat gambar channel untuk subscribe, maka dapat dibuat melalui menu branding ini dengan menambahkan watermark. Gunakan gambar berformat PNG dan background transparan agar kualitas watermark bagus.

Advanced video youtube

Centang allow advertisements jika memperbolehkan youtube untuk memasang iklan di sepanjang video kita, biasanya iklan ada dibagian bawah video dan berukuran kecil.

Pastikan pada menu channel recommendations, yang dipilih adalah allow my channel to appear agar channel video kita dapat ditampilkan di channel lainya sebagai rekomendasi.

2 comments:

  1. untuk mengisi atau mengatur associated website bagaimana?

    ReplyDelete

Terbaru