Cara Menghilangkan Sidebar Widget Blogger Pada Halaman Tertentu

By
Cara menghilangkan sidebar widget blogger pada halaman tertentu Pada sebuah website terdapat beberapa halaman, atau pada blog selain postingan juga terdapat halaman seperti about me atau contact us. Agar dapat tampil lebih bagus dan terlihat lebih profesional, pada halaman-halaman tersebut sidebar beserta widget dapat dihilangkan, sedangkan pada halaman lainya atau pada postingan sidebar tetap ditampilkan.

Caranya adalah :

Buka template blogger lalu edit HTML Cari kode

]]></b:skin>

Paste kode berikut tepat di bagian bawahnya

<b:if cond='data:blog.url == Alamat URL'>
<style>
Widget id {display:none;}
#main-wrapper{width: 100%;float:left; margin: 0 auto;}
</style>

Ganti tulisan Alamat URL di atas dengan alamat URL lengkap yang ingin dihilangkan widget atau sidebarnya. Tulis widget id yang ingin dihilangkan. Cara penulisan widget id pada sidebar mungkin setiap blog berbeda, cara mudah melihat nya, klik edit di widget melalui menu layout maka akan terlihat widget id.

cara melihat widget id

Contoh penulisanya #Popularpost2 atau jika class, .sidebar. Sedangkan untuk melihat nama kelas, dari layar browser, pada tampilan blog klik kanan bagian yang akan dihilangkan, lalu klik Inspect Element.

Pada bagian yang dihighlight biru, adalah bagian yang akan dihilangkan. Jadi pada bagian tersebut selain sidebar dan widget dapat ditambahkan class atau id yang lainya, seperti tombol sharing, about author, header dan lainya. Berikut contoh penulisanya

<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://www.bungdus.com/p/about-me.html&quot;'>
<style>
#PopularPosts2,#HTML1,#Label1,#Text1,.post-share {display:none;}
#main-wrapper{width: 100%;float:left; margin: 0 auto;}
</style>
</b:if> 

Jika yang ingin ditampilkan justru sebaliknya, yaitu sidebar dan widget hanya pada satu halaman saja, dan yang lainya dihilangkan, maka cukup ganti tanda = dengan tanda ! seperti berikut

<b:if cond='data:blog.url !=Alamat URL’>

Demikian cara menghilangkan sidebar pada halaman statis.

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru